Kamis, 19 Januari 2012

writing

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :B.Inggris
Kelas/Semester : X /1
Pertemuan ke : 9
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer

Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dan langkah retorika teks tulis monolog/esei secara akurat,lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount

Indikator
1. Mengidentifikasi makna dalam teks recount
2. Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount

1. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat mengidentifikasi makna dalam teks recount
• Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana:recount

2. Materi Pokok
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount









3. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

• Kegiatan Awal (10’)
Siswa mendengar dan melafalkan beberapa kata
• Kegiatan Inti (70’)
 Siswa membaca teks tulis recount dan melengkapi dengan kata yang sesuai
 Siswa membaca teks recount berikutnya, yang beruipa profil orang terkenal.
 Siswa melengkapi teks recount berikutnya dengan bentuk kata kerja past form
 Siswa melafalkan beberapa kata yang berasal dari teks recount yang dibaca.
 Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks tersebut.

• Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa mendapat tugas menulis tokoh idola mereka.
 Siswa menyimpulkan pentingnya penggunaan kata kerja
past-form pada teks recount.

5. Sumber/Bahan/Alat
• Buku Look Ahead 1 (Hal.18-21)
• Kamus

6. Penilaian
• Teknik: Tugas
• Bentuk: latihan tertulis







Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


______________________ __________________
NIP. NIP.













Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :B.Inggris
Kelas/Semester : X /1
Pertemuan ke : 10
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan populer

Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dan langkah retorika teks tulis monolog/esei secara akurat,lancar dan berterima dalam teks berbentuk: recount

Indikator
1. Mengidentifikasi makna dalam teks recount
2. Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount

1. Tujuan Pembelajaran
• Siswa dapat mengidentifikasi makna dalam teks recount
• Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana:recount

2. Materi Pokok
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk recount









3. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan

• Kegiatan Awal (10’)
• Siswa mereview pentingya penggunaan past form pada teks recount.
• Siswa mengetahui pada pertemuan ini akan membahas ciri-ciri kebahasaan teks recount.


• Kegiatan Inti (70’)
 Siswa membaca penjelasan mengenai Simple Past Tense
 Siswa membuat kalimat berbentuk simple past tense berdasarkan kata yang diberikan
 Siswa membaca penjelasan tentang pronoun.
 Siswa membuat pertanyaan dengan menggunakan bentuk pronoun yang tepat.
 Siswa melengkapi teks tertulis recount dengan pronoun yang tepat.
 Siswa menganalisa tugas menulis tokoh idola mereka dari aspek Simple Past Tense dan pronoun.
 Siswa melakukan peer correction.

• Kegiatan Akhir (10’)
 Siswa menyimpulkan penggunaan Simple Past Tense dan pronoun sebagai ciri kebahasaan teks recount.

5. Sumber/Bahan/Alat
• Buku Look Ahead 1 (Hal.21-23)
• Kamus

6. Penilaian
• Teknik: Tugas
• Bentuk: latihan tertulis







Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


______________________ __________________
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar